• Hubungi kami! 021 538 2274
  • Email kami! This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 

Pembicara:
Pdt. Karyanto Gunawan

Rabu,10 Mei 2017

Jangan meniru tingkah laku dan kebiasaan dunia ini, melainkan jadilah orang dengan kepribadian yang sama sekali baru dalam segala perbuatan dan pikiran, niscaya Saudara akan mengerti dari pengalaman sendiri bahwa jalan-jalan Allah itu sempurna dan sungguh-sungguh memuaskan Saudara. (FAYH)
Membentuk karakter itu tidak mudah. Pembentukan karakter memerlukan waktu dan proses. Menciptakan seorang pianis atau ahli matematika itu mudah, tetapi membentuk seseorang yang berkarakter itu sulit.
Alkitab mengajarkan kepada kita sebuah sistem nilai (value system). Mana hal-hal yang terpenting, mana yang cukup penting, dan mana yang tidak penting. Orang yang berhasil itu bukan orang yang dapat membedakan mana yang penting dari yang tidak penting, melainkan orang yang berhasil adalah orang yang dapat memilih dari hal yang terpenting dari begitu banyak hal yang penting dalam hidupnya. Orang Kristen harus mampu memilih sistem nilai yang benar; jikalau tidak, maka hidupnya akan malang dan kacau.
Kita semua dipanggil untuk berkorban bagi Tuhan, tetapi sistem nilai dari Alkitab menyatakan bahwa pengorbanan kita harus lahir dari suatu kehidupan yang patuh pada Tuhan. Jika seluruh sistem nilai dalam Alkitab hendak dibuat sebuah versi yang ringkas, maka dapat seperti yang dikatakan oleh Billy Graham, “Ketika kekayaan hilang, tidak ada yang hilang; ketika kesehatan hilang, sesuatu telah hilang; ketika karakter hilang, semua telah hilang.”
Pengertian karakter menurut beberapa tokoh Kristen antara lain:
  1. Karakter adalah siapa Anda ketika tidak seorang pun melihat (Bill Hybels).
  2. Karakter kita adalah apa yang kita kerjakan ketika kita berpikir tidak seorang pun melihat (Karl Bismarck).
Pentingnya karakter bagi kita, karena:
  1. Karakter kita menentukan masa depan kita (character is destiny).
  2. Di dalam karakter anggota keluarga, terletak kesejahteraan keluarga; di dalam karakter anggota jemaat terletak kekuatan gereja; di dalam karakter warga negara terletak kesejahteraan bangsa (within the character of the citizen lies the welfare of the nation).
Tugas pertama universitas adalah mengajarkan hikmat bukan perdagangan; karakter bukan hal-hal teknik (Sir Winston Churchill).
 

(Disarikan oleh Kevin Kowinto)

Roma 12:2


12:2
 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Teks Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Menjadi Gereja yang Mulia dan Misioner

GKY BSD

Giat Kerja Bagi Yesus Bertumbuh Setia & Dinamis

Memenangkan, Memuridkan, Mengutus (3M)

Acara Gerejawi

Tema 2017