• Hubungi kami! 021 538 2274
  • Email kami! This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tetap Percaya Terhadap Kasih Setia TUHAN

Jumat, 10 November 2017

Bila Anda mendengar atau melihat bahwa kejahatan atau ketidakadilan menimpa orang yang kita kenal sebagai orang yang baik, mengenal Tuhan, dan tidak bersalah, namun Anda tidak berdaya untuk menolong, apa yang akan Anda lakukan?
Mazmur 52 yang kita baca hari ini adalah respons Daud saat mendengar kabar bahwa Doëg—orang Edom yang menjadi pegawai Saul—memberitahukan kepada Saul bahwa Daud telah berkunjung kepada Ahimelekh, imam di Nob. Akibat laporan Doëg, hampir seluruh keluarga imam Ahimelekh dibunuh. Hanya seorang anak Ahimelekh bernama Abyatar yang berhasil lari menyelamatkan diri, dan akhirnya bergabung dengan rombongan Daud (1 Samuel 21-22). Dalam Mazmur ini, Daud mengungkapkan kemarahannya, tetapi kemudian menyerahkan pembalasan dan penghukuman ke hadapan Tuhan. Daud tidak menjadi kecil hati atau takut, melainkan tetap mempercayai kasih setia Tuhan dan tetap bersyukur kepada-Nya.
Saat menyaksikan terjadinya kejahatan dan ketidakadilan, wajar bila kita menjadi marah dan ingin membalas. Namun, kita perlu belajar mengikuti teladan pemazmur yang datang ke hadapan Tuhan dan menyerahkan beban kemarahannya ke hadapan-Nya, dan memberi tempat bagi Tuhan untuk melakukan pembalasan atau penghukuman dengan adil (bandingkan dengan Roma 12:12,14). Kita tidak perlu merasa kecil hati atau takut, melainkan kita harus tetap mempercayai Tuhan yang penuh dengan kasih setia, dan yang tidak membiarkan orang yang dikasihi-Nya diperlakukan melampaui batas. Bersyukurlah karena Ia tidak pernah terlambat untuk bertindak menegakkan keadilan-Nya dan membela anak-anak-Nya yang dikasihi-Nya,karena mereka semua berharga di mata-Nya. [SS]
 

“Aku percaya akan kasih setia Allah untuk seterusnya dan selamanya. Aku hendak bersyukur kepada-Mu selama-lamanya, sebab Engkaulah yang bertindak.”

Mazmur 52:10b-11a

Mazmur 52

52:1   Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran Daud, (52-2) ketika Doeg, orang Edom itu, datang memberitahukan kepada Saul, bahwa Daud telah sampai di rumah Ahimelekh. (52-3) Mengapa engkau memegahkan diri dengan kejahatan, hai pahlawan, terhadap orang yang dikasihi Allah sepanjang hari?

52:2
 
(52-4) Engkau merancangkan penghancuran, lidahmu seperti pisau cukur yang diasah, hai engkau, penipu!

52:3
 
(52-5) Engkau mencintai yang jahat lebih dari pada yang baik, dan dusta lebih dari pada perkataan yang benar. Sela

52:4
 
(52-6) Engkau mencintai segala perkataan yang mengacaukan, hai lidah penipu!

52:5
 
(52-7) Tetapi Allah akan merobohkan engkau untuk seterusnya, Ia akan merebut engkau dan mencabut engkau dari dalam kemah, membantun engkau dari dalam negeri orang-orang hidup. Sela

52:6
 
(52-8) Maka orang-orang benar akan melihatnya dan menjadi takut, dan mereka akan menertawakannya:

52:7
 
(52-9) "Lihatlah orang itu yang tidak menjadikan Allah tempat pengungsiannya, yang percaya akan kekayaannya yang melimpah, dan berlindung pada tindakan penghancurannya!"

52:8
 
(52-10) Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya akan kasih setia Allah untuk seterusnya dan selamanya.

52:9
 
(52-11) Aku hendak bersyukur kepada-Mu selama-lamanya, sebab Engkaulah yang bertindak; karena nama-Mu baik, aku hendak memasyhurkannya di depan orang-orang yang Kaukasihi!

 

Mazmur 53

53:1   Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat. Nyanyian pengajaran Daud. (53-2) Orang bebal berkata dalam hatinya: "Tidak ada Allah!" Busuk dan jijik kecurangan mereka, tidak ada yang berbuat baik.

53:2
 
(53-3) Allah memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia, untuk melihat apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah.

53:3
 
(53-4) Mereka semua telah menyimpang, sekaliannya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak.

53:4
 
(53-5) Tidak sadarkah orang-orang yang melakukan kejahatan, yang memakan habis umat-Ku seperti memakan roti, dan yang tidak berseru kepada Allah?

53:5
 
(53-6) Di sanalah mereka ditimpa kekejutan yang besar, padahal tidak ada yang mengejutkan; sebab Allah menghamburkan tulang-tulang para pengepungmu; mereka akan dipermalukan, sebab Allah telah menolak mereka.

53:6
 
(53-7) Ya, datanglah kiranya dari Sion keselamatan bagi Israel! Apabila Allah memulihkan keadaan umat-Nya, maka Yakub akan bersorak-sorak, Israel akan bersukacita.
Teks Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Menjadi Gereja yang Mulia dan Misioner

GKY BSD

Giat Kerja Bagi Yesus Bertumbuh Setia & Dinamis

Memenangkan, Memuridkan, Mengutus (3M)

Acara Gerejawi

Tema 2017