• Hubungi kami! 021 538 2274
  • Email kami! This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Siapakah yang Boleh Datang Kepada Tuhan?

Kamis, 8 Juni 2017

Setelah bertahun-tahun—bahkan puluhan tahun—menjadi Kristen, tanpa sadar, mungkin kita merasa sudah cukup mengenal Tuhan, padahal mungkin saja pengenalan kita akan Tuhan sebenarnya masih sangat sedikit. Hal ini terlihat dari adanya sikap hormat dan kesadaran akan kebesaran Tuhan.
Mazmur 24 yang kita baca hari ini memperlihatkan pengenalan Daud yang luar biasa akan Tuhan. Dia mengakui kebesaran Tuhan yang menciptakan dan memiliki dunia beserta segala isinya. Saat Tuhan semesta alam dan Raja Kemuliaan melangkah, tak ada yang dapat menghalangi langkah-Nya. Kepada Tuhan yang demikian Besar dan Mulia, siapakah yang layak menghampiri-Nya? Daud yakin bahwa hanya orang yang bersih tangannya dan murni hatinya yang boleh menghadap TUHAN untuk mendapat berkat dan pertolongan-Nya.
Orang yang tidak mengenal Tuhan sering bersikap tidak hormat kepada Tuhan. Mereka mempermainkan Nama Tuhan, mengejek dan menghina Tuhan. Tetapi, orang yang sungguh-sungguh mengenal Tuhan akan menyadari kuasa dan kebesaran-Nya serta kehadiran-Nya di dalam dunia ini. Kita yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus semestinya bersyukur karena melalui Dialah, kita mengenal Allah yang sejati (Yohanes 17:3). Melalui Dia, dosa kita diampuni dan hati kita dimurnikan, sehingga kita dapat dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia-Nya untuk menerima rahmat dan pertolongan-Nya (Ibrani 4:16). Ketika Tuhan melangkah dan bertindak, tidak ada yang dapat menghalangi karena “pintu yang sudah tertutup berabab-abad” pun akan terangkat dan terbuka di hadapan-Nya. Ia selalu menjadi tempat perlindungan dan keselamatan bagi mereka yang bersih tangannya dan murni hatinya. [SS]
 
Mazmur 24:3-4A

“Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus? Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya.”

 

Mazmur 23


23:1
 
Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

23:2
 
Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;

23:3
 
Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

23:4
 
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

23:5
 
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

23:6
 
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

 

Mazmur 24


24:1
 
Mazmur Daud. Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.

24:2
 
Sebab Dialah yang mendasarkannya di atas lautan dan menegakkannya di atas sungai-sungai.

24:3
 
"Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?"

24:4
 
"Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

24:5
 
Dialah yang akan menerima berkat dari TUHAN dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia.

24:6
 
Itulah angkatan orang-orang yang menanyakan Dia, yang mencari wajah-Mu, ya Allah Yakub." Sela

24:7
 
Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!

24:8
 
"Siapakah itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!"

24:9
 
Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!

24:10
 
"Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan!" 

Teks Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Menjadi Gereja yang Mulia dan Misioner

GKY BSD

Giat Kerja Bagi Yesus Bertumbuh Setia & Dinamis

Memenangkan, Memuridkan, Mengutus (3M)

Acara Gerejawi

Tema 2017