• Hubungi kami! 021 538 2274
  • Email kami! This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Janji Allah: pasti!

Selasa, 7 November 2017

Tidak pernah disangka bahwa kota kecil Betlehem Efrata bisa menjadi tempat Mesias dilahirkan. Nabi Mikha telah menubuatkan hal ini, namun tak seorang pun menyadarinya sampai Yesus dilahirkan serta bertumbuh secara fisik menjadi dewasa serta melayani dan memberitakan tentang Kerajaan Allah. Sesungguhnya, Tuhan tidak pernah meninggalkan umat-Nya dan Tuhan tidak pernah membiarkan bangsa Israel terpuruk dan terbuang dalam dosa.
Dosa-dosa para pemimpin yang telah memporakporandakan bangsa Israel tidak mengubah janji Allah dan terwujudnya rencana Agung Allah untuk menyelamatkan manusia berdosa. Akan ada masa saat semua bangsa datang menghampiri Allah. Firman Allah akan diberitakan di Yerusalem. Bangsa-bangsa akan hidup penuh kedamaian dan menikmati hasil ladang dan hasil kebun anggurnya. Janji pemulihan dan keselamatan manusia (yaitu keselamatan bagi yang percaya kepada-Nya dan penghukuman bagi yang tidak percaya) pasti akan terlaksana. Tuhan memakai cara-Nya sendiri (yang seringkali tidak kita mengerti) untuk melaksanakan kehendak-Nya. Nubuat Mikha telah terlaksana dengan kehadiran sosok Yesus.
Allah berdaulat atas bangsa-bangsa dan atas apa yang terjadi dalam kehidupan manusia. Hal-hal yang terjadi di dunia banyak yang tidak kita mengerti, walaupun Tuhan telah menubuatkan dan memaparkan di dalam firman-Nya. Janji Allah yang tertulis dalam firman Tuhan pasti terlaksana. Belajarlah memahami dan menaati firman-Nya. Apakah Anda yakin bahwa apa yang ditulis oleh para nabi (yang dipakai Tuhan untuk menyatakan kehendak-Nya) pasti akan terlaksana? [FW]
 

“Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum -kaum Yehuda, daripadamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.”

Mikha 5:1

Mikha 5

5:1   (4-14) Sekarang, engkau harus mendirikan tembok bagimu; pagar pengepungan telah mereka dirikan melawan kita; dengan tongkat mereka memukul pipi orang yang memerintah Israel.

5:2
 
(5-1) Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.

5:3
 
(5-2) Sebab itu ia akan membiarkan mereka sampai waktu perempuan yang akan melahirkan telah melahirkan; lalu selebihnya dari saudara-saudaranya akan kembali kepada orang Israel.

5:4
 
(5-3) Maka ia akan bertindak dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan TUHAN, dalam kemegahan nama TUHAN Allahnya; mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi,

5:5
 
(5-4) dan dia menjadi damai sejahtera. Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia tujuh gembala, bahkan delapan pemimpin manusia.

5:6
 
(5-5) Mereka itu akan mencukur negeri Asyur dengan pedang dan negeri Nimrod dengan pedang terhunus; mereka akan melepaskan kita dari Asyur, apabila ia ini masuk ke negeri kita dan menginjak daerah kita.

5:7
 
(5-6) Maka sisa-sisa Yakub akan ada di tengah-tengah banyak bangsa seperti embun dari pada TUHAN seperti dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan yang tidak menanti-nantikan orang dan tidak mengharap-harapkan anak manusia.

5:8
 
(5-7) Maka sisa-sisa Yakub akan ada di antara suku-suku bangsa, di tengah-tengah banyak bangsa seperti singa di antara binatang-binatang hutan, seperti singa muda di antara kawanan kambing domba: ke manapun ia pergi, maka ia membanting dan menerkam, sedang tidak ada yang melepaskan.

5:9
 
(5-8) Tanganmu akan diangkat melawan para lawanmu, dan semua musuhmu akan dilenyapkan!

5:10
 
(5-9) Maka akan terjadi pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melenyapkan kudamu dari tengah-tengahmu dan akan membinasakan keretamu.

5:11
 
(5-10) Aku akan melenyapkan kota-kota negerimu dan akan meruntuhkan segala kubumu.

5:12
 
(5-11) Aku akan melenyapkan alat-alat sihir dari tanganmu, dan tukang-tukang peramal tidak akan ada lagi padamu.

5:13
 
(5-12) Aku akan melenyapkan patung-patungmu dan tugu-tugu berhalamu dari tengah-tengahmu, maka engkau tidak lagi akan sujud menyembah kepada buatan tanganmu.

5:14
 
(5-13) Aku akan menyentakkan tiang-tiang berhalamu dari tengah-tengahmu dan akan memunahkan berhalamu;

5:15
 
(5-14) Aku akan membalas dendam dengan murka dan kehangatan amarah, kepada bangsa-bangsa yang tidak mau mendengarkan.
Teks Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Menjadi Gereja yang Mulia dan Misioner

GKY BSD

Giat Kerja Bagi Yesus Bertumbuh Setia & Dinamis

Memenangkan, Memuridkan, Mengutus (3M)

Acara Gerejawi

Tema 2017