• Hubungi kami! 021 538 2274
  • Email kami! This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Ratapilah Dirimu!

Minggu, 5 November 2017

ANUGERAH DI BALIK PENGHUKUMAN
Betapa tidak senangnya kita jika kita diberi tugas untuk menyampaikan kabar buruk. Bila boleh memilih, kita pasti akan memilih untuk menyampaikan kabar baik. Namun, Mikha telah disiapkan Tuhan untuk menyampaikan kabar buruk berupa teguran, penghukuman dan keluhan Tuhan yang disebabkan oleh keberdosaan Israel. Sungguh tidak nyaman!
Bangsa Israel menghadapi kemerosotan moral yang sangat dalam. Mereka telah terjatuh dalam dosa sampai sedemikian parah. Mereka menolak Tuhan, melawan Tuhan, serta melakukan berbagai kejahatan. Mereka menyembah patung-patung yang dianggap sebagai dewa-dewa, padahal patung-patung itu tidak bisa berbuat apa-apa bagi mereka. Patung-patung itu membawa mereka semakin terperosok dalam dosa. Hal itu membuat Tuhan pun mengadukan umat-Nya (Tentu saja tidak seperti bila kita mengadu kepada sesama manusia) dalam kegeraman-Nya menghadapi dosa bangsa Israel.
Sekalipun demikian, di tengah kata-kata pedas, tajam dan mengerikan yang berujung pada penghukuman, Tuhan masih menyatakan anugerah-Nya. Di tengah murka karena dosa umat-Nya, Tuhan memberikan penghiburan dan pengharapan. Tuhan berjanji untuk menyayangi mereka kembali. Tuhan berjanji untuk mengampuni mereka kembali. Mereka akan dipulihkan dan diberkati kembali! Mereka mendapat anugerah yang sebenarnya tidak layak mereka terima. Mereka mendapatkan kasih yang tidak tergantung dari kondisi mereka, tetapi semata-mata disebabkan karena Allah telah memilih mereka sebagai umat-Nya. Allah tidak pernah membatalkan pemilihan terhadap bangsa Israel sebagai umat-Nya, walaupun bangsa Israel telah berulang kali berbuat jahat. Tuhan juga selalu menginginkan agar Anda kembali kepada-Nya saat kondisi Anda terpuruk. Janganlah lari dari pada-Nya! Mendekatlah dan mohonlah agar anugerah Allah kembali dinyatakan terhadap diri Anda saat Anda terjatuh ke dalam dosa. [FW]
Ratapilah Dirimu!
Dalam acara kedukaan, kita sering menjumpai orang yang meratap sedih sampai berguling-guling, entah karena sedih ditinggalkan orang yang dikasihi atau karena telah berbuat jahat pada orang yang meninggal sehingga dipenuhi penyesalan yang tiada tara. Nabi Mikha menyampaikan firman Tuhan berupa teguran keras dan penghukuman Tuhan pada Israel dan Yehuda. Meratap, berjalan dengan tidak berkasut, telanjang, melolong, meraung adalah ungkapan kesedihan yang mendalam dari Tuhan terhadap bangsa yang jahat ini. Berguling dalam debu dan air mata tidak cukup menggambarkan penyesalan karena kejahatan mereka di hadapan Tuhan sudah sangat fatal. Ratapan Nabi Mikha menyatakan betapa dalamnya kesedihan Tuhan melihat kebejatan hidup mereka. Kota-kota seperti Gat, Safir, Zaanan, Marot, dan 6 kota lainnya akan dihancurkan Tuhan. Mereka diminta untuk mencukur rambut sehingga kepala mereka menjadi gundul. Kepala gundul merupakan lambang kehinaan. Demikianlah telah hilang kebesaran, keagungan dan kemuliaan Bangsa Israel dan Yehuda sebagai bangsa yg dikasihi Tuhan. Inilah gambaran kerasnya hukuman Tuhan yang akan menimpa mereka.
Kitab nabi Mikha diberikan Tuhan supaya kita melihat diri kita sendiri. Orang atau bangsa yang meninggalkan Allah dan firman-Nya untuk bersekutu dengan dunia dan kegiatan berdosanya akan menemukan bahwa Allah akan menentang mereka dan mungkin mendatangkan malapetaka dalam hidup mereka. Ratapilah diri Anda dan mohonlah belas kasihan Tuhan! Apakah Anda telah membiasakan diri untuk menyadari dan mengakui dosa Anda sebelum Tuhan menjatuhkan hukuman terhadap diri Anda? [FW]
 

“Sadarilah kemalanganmu, berdukacita dan merataplah; hendaklah tertawamu kamu ganti dengan ratap dan sukacitamu dengan dukacita. Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.”

Yakobus 4:9-10

Mikha 1

1:1   Firman TUHAN yang datang kepada Mikha, orang Moresyet, pada zaman Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda, yakni berkenaan dengan yang dilihatnya tentang Samaria dan Yerusalem.

1:2
 
Dengarlah, hai bangsa-bangsa sekalian! Perhatikanlah, hai bumi serta isinya! Biarlah Tuhan ALLAH menjadi saksi terhadap kamu, yakni Tuhan dari bait-Nya yang kudus.

1:3
 
Sebab sesungguhnya, TUHAN keluar dari tempat-Nya dan turun berjejak di atas bukit-bukit bumi.

1:4
 
Luluhlah gunung-gunung di bawah kaki-Nya, dan lembah-lembah terbelah seperti lilin di depan api, seperti air tercurah di penurunan.

1:5
 
Semuanya ini terjadi karena pelanggaran Yakub, dan karena dosa kaum Israel. Pelanggaran Yakub itu apa? Bukankah itu Samaria? Dosa kaum Yehuda itu apa? Bukankah itu Yerusalem?

1:6
 
Sebab itu Aku akan membuat Samaria menjadi timbunan puing di padang, menjadi tempat penanaman pohon anggur. Aku akan menggulingkan batu-batunya ke dalam lembah dan akan menyingkapkan dasar-dasarnya.

1:7
 
Segala patungnya akan diremukkan, segala upah sundalnya akan dibakar, dan segala berhalanya akan Kuhancurkan; sebab dari upah sundal dikumpulkan semuanya itu, dan akan kembali menjadi upah sundal.

1:8
 
Karena inilah aku hendak berkeluh kesah dan meratap, hendak berjalan dengan tidak berkasut dan telanjang, hendak melolong seperti serigala dan meraung seperti burung unta:

1:9
 
sebab lukanya tidak dapat sembuh, sudah menjalar ke Yehuda, sudah sampai ke pintu gerbang bangsaku, ke Yerusalem!

1:10
 
Di Gat janganlah sampaikan berita, janganlah sekali-kali menangis! Baiklah gulingkan dirimu dalam debu di Bet-Le-Afra!

1:11
 
Berkemaslah, hai penduduk Safir, dengan telanjang dan malu. Tidak berani keluar penduduk Zaanan. Ratapan Bet-Haezel menghalangi engkau untuk tetap berdiri.

1:12
 
Dengan bimbang penduduk Marot berharap akan kebaikan. Sebab malapetaka turun dari pada TUHAN sampai ke pintu gerbang Yerusalem.

1:13
 
Pasanglah kuda teji pada kereta, hai penduduk Lakhis! Inilah permulaan dosa bagi puteri Sion, sebab padamulah terdapat pelanggaran Israel.

1:14
 
Sebab itu baiklah diberi hadiah perpisahan kepada Moresyet-Gat. Rumah-rumah Akhzib akan menjadi tipu daya bagi raja-raja Israel.

1:15
 
Penakluk masih akan Kudatangkan kepadamu, hai penduduk Maresya! Kemuliaan Israel akan sampai di Adulam.

1:16
 
Cukurlah dan gundulkanlah kepalamu, karena anak-anak kesayanganmu! Jadikanlah kepalamu gundul seperti gundulnya burung bangkai, sebab dari padamu mereka akan masuk pembuangan.

 

Mikha 2

2:1   Celakalah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan yang merencanakan kejahatan di tempat tidurnya; yang melakukannya di waktu fajar, sebab hal itu ada dalam kekuasaannya;

2:2
 
yang apabila menginginkan ladang-ladang, mereka merampasnya, dan rumah-rumah, mereka menyerobotnya; yang menindas orang dengan rumahnya, manusia dengan milik pusakanya!

2:3
 
Sebab itu beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku merancang malapetaka terhadap kaum ini, dan kamu tidak dapat menghindarkan lehermu dari padanya; kamu tidak dapat lagi berjalan angkuh, sebab waktu itu adalah waktu yang mencelakakan.

2:4
 
Pada hari itu orang akan melontarkan sindiran tentang kamu dan akan memperdengarkan suatu ratapan dan akan berkata: "Kita telah dihancurluluhkan! Bagian warisan bangsaku telah diukur dengan tali, dan tidak ada orang yang mengembalikannya, ladang-ladang kita dibagikan kepada orang-orang yang menawan kita."

2:5
 
Sebab itu tidak akan ada bagimu orang yang melontarkan tali dengan undian di dalam jemaah TUHAN.

2:6
 
"Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat seperti itu! Noda tidak akan menimpa kita."

2:7
 
Bolehkah hal itu dikatakan, keturunan Yakub? Apakah TUHAN kurang sabar? Atau seperti inikah tindakan-Nya? Bukankah firman-Ku baik terhadap orang yang benar kelakuannya?

2:8
 
Tetapi kamulah yang bangkit sebagai musuh terhadap umat-Ku. Kamu merebut jubah dari orang-orang yang suka damai, dari orang-orang yang berjalan lewat dengan tenteram, yang tidak cenderung kepada perang.

2:9
 
Para isteri di antara umat-Ku kamu halau dari rumah kesayangannya, dari bayi-bayinya kamu mengambil untuk selama-lamanya, semarak yang telah Kuberikan kepada mereka.

2:10
 
Bangkitlah dan pergilah, sebab ini bukan tempat perhentian bagimu! Oleh karena kenajisan maka kamu akan dibinasakan dengan kebinasaan yang tidak terpulihkan.

2:11
 
Seandainya seseorang datang mereka-reka yang hampa dan dusta: "Aku bernubuat kepadamu tentang anggur dan arak," maka dialah yang patut menjadi orang yang bernubuat terhadap bangsa ini!

2:12
 
Dengan sungguh-sungguh Aku akan mengumpulkan engkau seluruhnya, hai Yakub, dengan sungguh-sungguh Aku akan menghimpunkan sisa orang Israel; Aku akan menyatukannya seperti kambing domba dalam kandang, seperti kawanan binatang di tengah-tengah padangnya, sehingga ramai dengan manusia!

2:13
 
Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, TUHAN sendiri di kepala barisan mereka!
Teks Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Menjadi Gereja yang Mulia dan Misioner

GKY BSD

Giat Kerja Bagi Yesus Bertumbuh Setia & Dinamis

Memenangkan, Memuridkan, Mengutus (3M)

Acara Gerejawi

Tema 2017